Minggu, 09 Oktober 2011

Peralatan-Peralatan Yang Ada Di Jaringan Komunikasi

*Fiber Optic

*Fiber Connector

Kabel single mode dengan akurasi yang sangat tinggi dalam menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver. Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat diatur, sehingga ketika dipasangkan ke perangkat lain, akurasinya tidak akan mudah berubah.


*Single Mode

Serat Optik dengan core yang sangat kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron). diameter mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding.


*Multi Mode

Serat Optik dengan diameter core yang agak besar (berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.



*Leased line


*Router

Fungsi utama router adalah merutekan paket informasi. Sebuah Router memiliki kemampuan Routing. Artinya Router secara cerdas dapat mengetahui kemana rute perjalanan informasi paket akan dilewatkan, apakah ditujukan untuk host lain yang satu network ataukah beda di network yang berbeda. Jika paket-paket ditujukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya jika paket-paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket kelauar.


*Dedicated Line

kabel komunikasi atau fasilitas lain yang didedikasikan untuk aplikasi tertentu, berbeda dengan sumber daya bersama seperti jaringan telepon atau Internet.
Dalam prakteknya, jasa tersebut tidak dapat diberikan oleh, kabel tunggal diskrit, end-to-end, tetapi mereka memberikan jaminanketersediaan bandwidth yang konstan dan dekat-konstan latency,sifat yang tidak dapat dijamin untuk sistem publik yang lebih. Sifat seperti menambahkan premi yang cukup untuk harga yang dibebankan.

*Private Line

layanan yang melibatkan sirkuit yang berdedikasi dan hanya menyediakan komunikasi antara lokasi tertentu. Baris paling pribadi hanya menghubungkan dua lokasi meskipun mereka mungkin diaktifkan di kedua ujung atau kedua.


*Wireless

*Radio Signal

bekerja pada physical layer, atau lapisan fisik. Lalu Format Data atau Data Format mengendalikan beberapa lapisan diatasnya. Dan struktur jaringan berfungsi sebagai alat untuk mengirim dan menerima sinyal radio.

*Transmitter

Mengirim informasi yang berupa sinyal radio menuju reciever untuk kemudian diterjemahkan oleh receiver sehingga komputer mengetahui data yang tadi dikirim.


*Receiver

Menangkap informasi yang berupa sinyal radio lalu menterjamahkan data yang berupa sinyal radio tadi ke komputer sehingga komputer mendapatkan data tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar